KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING

Bimingan konseling universitas Muhammadiyah kudus meliputi

  1. Bimbingan Akademik meliputi

Suatu program bimbingan di bidang belajar akademik meliputi

  • Memberikan orientasi kepada peserta didik baru tentang tujuan institusional isi kurikulum pengajaran, struktur organisasi sekolah, cara-cara belajar yang tepat  dan penyesuaian diri dengan corak pendidikan di sekolah bersangkutan.
  • Penyadaran kembali secara berkala tentang cara belajar yang tepat selama mengikut) pelajaran di sekolah dan selama belajar di rumah, secara individual ataupun secara kelompok.
  • Bantuan dalam hal ini memilih program studi yang sesuai memilih kegiatan non-akademik yang menunjang usaha belajar dan memilih program studi di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Bantuan ini mencakup pula penyebaran informasi tentang program studi yang tersedia misalnya di jenjang pendidikan tinggi, serta informasi tentang beberapa Perguruan Tinggi yang bisa dimasuki tanpa melalui tes, tetapi melalui jalur bakat dan prestasi.
  • Pengumpulan data mengenai kemampuan intelektual, bakat khusus, minat cita-cita, dan prestasi belajar peserta didik  setiap semester untuk masing-masing bidang studi.
  • Bantuan dalam hal mengatasi kesulitan-kesulitan belajar, seperti kurang dapat berkonsentrasi, kurang menguasai cara belajar yang baik dan sebagainya.
  • Bantuan dalam hal membentuk kelompok-kelompok belajar dan mengajar kegiatan-kegiatan belajar kelompok supaya berjalan efektif dan efisien

 

2.  Bimbingan non akademik

a. Bimbingan Pribadi sosial
bimbingan  individual serta mengandung unsur-unsur sebagai berikut :

  • Informasi tentang fase/tahap perkembangan yang sedang dilalui oleh peserta didik  remaja, antara lain tentang konflik batin yang dapat timbul dan tentang cara-cara bergaul yang baik. Termasuk di sini apa yang disebut education, yang tidak hanya mencakup penerangan seksual, tetapi juga corak pergaulan antara jenis kelamin
  • Pemantapan pemahaman diri yang mencakup tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk peranannya di masa depan, s erta pemantapan entang kelemahan diri dan usaha penanggulangannya.
  • Penyadaran akan keadaan masyarakat dewasa ini yang semakin berkembang ke arah masyarakat modern, sehingga peserta didik  dapat menghadapinya dan beradaptasi dengan baik.
  • Pengaturan diskusi kelompok mengenai kesulitan yang dialami oleh kebanyakan peserta didik . Diskusi ini akan membuat peserta didik  menyadari bahwa teman-temannya mengalami kesulitan yang sama (dalam hal pertumbuhan dan perkembangan fase pubertas) untuk kemudian di diskusikan pemecahannya.
  • Pengumpulan daya yang relevan untuk mengenal kepribadian peserta didik . Misalnya sifat-sifat kepribadian yang tampak dalam tingkah laku, latar belakang keluarga dan keadaan kesehatan

Kegiatan Bimbingan Konseling mahasiswa

     b.  Bimbingan Karier

  • Ialah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia pekerjaan, merencanakan dan mengembangkan masa depan karier. Bidang karier ini dapat dirinci menjadi pokok-pokok berikut :
  • Pematangan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan
  • Pematangan orientasi dan informasi karier pada umumnya, khususnya karier yang dikembangkan
  • Orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup
  • Orientasi dan informasi terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya sesuai dengan karier yang hendak di kembangkan