UMKU– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten kudus adakah sosialisasi Advokasi Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada mahasiswi UMKU pada Kamis (25/2) . Kegiatan sosialisasi ini diadakan di ruang serbaguna UMKU dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. UMKU dan Dinkes Kudus telah lama menjalin kerjasama Tridharma, kegiatan ini sebagai implementasi dari penandatanganan kerjasama yang telah dilaksanakan.

Anemia merupakan keadaan rendahnya konsentrasi hemoglobin (Hb) atau hematokrit berdasarkan nilai ambang batas (referensi) yang dipicu oleh rendahnya produksi sel darah merah (eritrosit) dan Hb. Hal ini timbul akibat meningkatnya kerusakan eritrosit (hemalisis), atau kehilangan darah yang berlebihan.

Anny Rosiana, M.Kep., Sp. Kep J dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting khususnya bagi remaja perempuan. Ia berharap dengan adanya sosialisasi dari Dinas Kesehatan, mampu memberikan inspirasi bagi mahasiswi UMKU untuk hidup dengan pola yang sehat. Ungkapnya

Kepala Seksi Kesehatan Gizi Dinkes Kabupaten Kudus , Muslimah, SiT., M.Kes  menyampaikan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswi UMKU agar dapat mengurangi resiko anemia. Hal ini juga sebagai upaya untuk memberi pendidikan tentang kesehatan, menurunkan angka Stunting, dan memberi kesadaran akan pentingnya memberikan asupan yang baik pada tubuh. Ungkapnya.

Para peserta juga mendapat materi tentang penanggulangan anemia pada remaja putri, materi ini disampaikan oleh Titi Khozanah selaku tim dari Dinkes kabupaten kudus. Titi menyampaikan bahwa kerap kali remaja putri tergiur untuk nelakukan diet tanpa memperhatikan asupan gizi yang sesuai. Hal ini dapat menimbulkan resiko baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, asupan berupa sayur, daging, buah sangat penting bagi pertumbuhan dan Kesehatan. Tidak lupa atau malas sarapan dan makan 3 kali sehari adalah upaya untuk menjaga Kesehatan.

Selain melakukan sosialisasi Remaja Sehat Bebas Anemia, tim Dinkes kudus juga membagikan tablet penambah darah sebanyak 1300 eksemplar. Tablet ini akan dibagikan kepada seluruh mahasiswi UMKU, yang nantinya diharapkan dapat memberi efek positif kepada mahasiswi-mahasiswi UMKU, dengan begitu mahasiswi UMKU menjadi remaja yang sehat dan bebas anemia. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *